Selasa, 10 April 2012

Penjelasan Jarkom Tanggal 7-04-2012


SILABUS
JARINGAN KOMPUTER A
1. Terminologi dan lingkup
2. Teori komunikasi data
3. Komponen dalam komunikasi data
4. Error detection dan correction dalam komunikasi data
5. Tipologi dan perangkat komunikasi data
6. Klasifikasi jaringan komputer
7. Latihan mendesain jaringan komputer sederhana
JARINGAN KOMPUTER B
1. Instalasi Perangkat keras dan perangkat lunak penyusun jaringan
2. Perkembngan teknologi
3. Keamanan sistem
DEFINISI SEDERHANA JARINGAN KOMPUTER
TERMINOLOGI DAN LINGKUP
      Terdiri dari device komputasi media transmisi (channel komunikasi) untuk mentransmisikan sinyal data dan kontrol, komunikasi elektronik untuk routing/switching data dari sumber (source) ke tujuannya (destination) dan termasuk perangkat lunak yang digunakannya.
    Jaringan dapat melingkupi jaringan kecil sampai jaringan besar yang dipisahkan secara gografis (LAN, MAN, WAN).

Maka jaringan komputer di sebut juga :
> Kumpulan perangkat keras transmisi dan fasilitas infrastrukturnya, terminal yg terhubung pada fasilitas-fasilitas tersebut dan sekumpulan protocol komunikasi peralatan tersebut
> Komunikasi yg dilakukan mestilah dapat dilakukan :
* Reliabel  : dapat dihandalkan, dapat dipercaya
* Efisien  : mudah
* Bebas kesalahan (erorr free).

SIFAT JARINGAN KOMPUTER
1. Dapat menghubungkan semua yg terhubung di dalamnya (Any to Any Communication System)
2. Setiap station (end node) memiliki alamat jaringan unik, untuk dapat terhubung di butuhkan pengetahuan alamat yg di tuju, seprti nomer telepon.

BLOK PENYUSUN JARINGAN KOMPUTER

1. Terminal, Workstation, Komputer dan device lain (end nodes)
2. Media Transmisi ( untuk mentransmisi sinyal data dan sinyal kontrol)
3. Network electronics ( intermediate devices untuk routing data dari source ke destination)
4. Perangkat lunak untuk mengontrol transmisi data.
5. Standar Arsitektur Jaringan (Standar untuk mendukung interoperabilitas antara kebutuhan perangkat yang berbeda yang dibuat oleh vendor yang berbeda) .

1. TERMINAL DAN WORKSTATION
> Device ini sebagai sumber data (source) maupun tujuan data (destination) dalam network.
> Contoh :
– Personal computer
– Terminal
– Workstation
– Komputer
– Point of sale cash registers
– Automatic teller machines

2. MEDIA TRANSMISI
Bagian ini mentransmisikan sinyal elektronik maupun sinyal cahaya melalui media yang berbeda-beda. Terdiri dari 2 macam, yaitu :
1. Bounded Media :
?? Twisted pair wire
?? Co-axial cable
?? Fiber optic cables
?? Wave guides
2. Unbounded Media :
?? AM and FM radio
?? TV broadcasting
?? Satellite communication
?? Microwave radio
?? Infrared signals

3. NETWORK ELECTRONICS
Device Network electronic melayani berbagai macam fungsi termasuk proses routing atau switching data dari source ke destination atau untuk menyediakan interface antara media transmisi yang berbeda atau protocol komunikasi yang berbeda.

4. PERANGKAT LUNAK
• Perangkat lunak adalah bentuk nyata penerapan teknik implementasi end node pada protokol yang mendefinisikan aturan, prosedur untuk inisiasi dan meletakkan data pada terminal untuk siap ditansfer, menginterpretasikan bagaimana data direpresentasikan dan saat ditransmisikan dan bagaimana suatu kesalahan (error) ditangani
• Perangkat lunak pada network electronics biasanya berfungsi khusus untuk memastikan data ditransmisikan dari source ke destination.

5. STANDAR ARSITEKTUR JARINGAN
• Interface: titik interaksi antara dua device, misalnya printer dan PC.
• Standar Interkoneksi : spesifikasi metode interfacing dua device, membuat vendor tidak memerlukan pengetahuan yang dalam mengenai peralatan jaringan lain jika dihubungkan dengan peralatannya, selama dalam frame yang telah ditentukan.
• Arsitektur: blueprint dari standar jaringan yang terdiri dari pemilihan media, media interface, metode encoding data, protokol transmisi, protocol routing, dsb.
• Dibutuhkan untuk memastikan interoperabilitas antara berbagai jenis device dan peralatan yang dibuat oleh berbagai vendor.

OSI LAYER & TCP/IP

Tahun 1970an International Organization for Standarization (ISO) membuat Refrensi Open System Interconnection (OSI) untuk kebutuhan kompatibelitas.
Manfaat OSI
> Membuat peralatan vendor yg berbeda dapat saling bekerjasama
> Membuat standarisasi yg di dapat di pakai vendor untuk mengurangi kerumitan perancangan
> Standarisasi Interface
> Modular enginneering
> Kerjasama dan teknologi yg berbeda
> Memudahkan pelatihan network

OSI layer terbagi menjadi 7 bagian :
1.    Physical
2.    Datalink
3.    Network
4.    Transport
5.    Session
6.    Presentation
7.    Application

1, Physical
    Fungsi  layer physik
I.    Memindah kan bit antar device
II.    Spesifikasinya berupa voltase, wire, speed, pin pada kabel

2, Data link
    Fungsi Datalink
I.    Mengkomunikasikan bit ke byte, dan byte ke frame
II.    Menerima perangkat media berupa MAC addressing
III.    Deteksi error dan recovery error

3, Network
    Fungsi Network
I.    Logical addressing
II.    Mengirimkan alamat network

4, Transport
    Fungsi Transport
I.    Reliable atau unreliable delivery
II.    Multiplexing

5, Session
    Fungsi Session
I.    Mempertahankan data dari berbagai aplikasi yang di gunakan

6, Presentation
    Fungsi Presentasi
1.    Bagaimana data di presentasikan
2.    Type data, enkripsi, visual image, dll

7, Application
    Fungsi Application
1.    Interface antara jaringan dan s/w aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar